Kebutuhan Jurnal yang terkelola baik merupakan tantangan bagi pengelola jurnal di indonesia. Relawan Jurnal Indonesia korda Jakarta berusaha memberikan pendampingan kepada pengelola jurnal di daerah jakarta dan sekitarnya supaya manajemen pengelolaan jurnal menjadi lebih baik.

Salah satu wujud pendampingan tersebut, RJI korda Jakarta melakukan M0U dengan Perguruan Bina Insani yang berlokasi di Bekasi dalam manajemen pengelolaan jurnal. M0U bertujuan untuk memberikan pemahaman tatakelola jurnal untuk mempersiapkan ke akreditasi nasional. Jurnal-jurnal yang dikelola perguruan Bina Insani adalah Bina Insani ICT Journal (BIICT), Information System for Educator and Professional (ISBI), Information Management for Educator and Professional (IMBI), Informatics for Educator and Professional (ITBI), Jurnal Administrasi Kantor (JAKBI), Jurnal Online Insan Akuntan (JOIA) dan Jurnal Mahasiswa Bina Insani (JMBI)

Tahap awal dilakukan pelatihan tata kelola jurnal berbasis OJS. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tata kelola jurnal secara elektronik sehingga jurnal yang dikelola Perguruan Bina Insani bisa melakukan manajemen pengelolaan jurnal secara online.Kegiatan berikutnya adalah mengupayakan jurnal elektronik tersebut terindeks oleh lembaga indeks internasional melalui upaya sinergisitas antara Perguruan Tinggi dengan RJI.

Sesudah pelatihan dilaksanakan juga penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dengan institusi afiliasi jurnal-jurnal elektronik di lingkungan Perguruan Tinggi Bina Insani yaitu: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Insani, Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani (ASM) dan Akademi  Akuntansi Bina Insani (AAK).Herlawati mengaku bahwa dengan adanya MoU ini diharapkan proses pendampingan menuju jurnal terakreditasi terbaik segera tercapai.

Perguruan Tinggi Bina Insani Gandeng Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *