Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dan Universitas Pamulang (UNPAM) kembali melakukan kegiatan bersama, yaitu Workshop Directory of Open Access Journal (DOAJ) dan Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik bagi para pengelola jurnal di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 06 Agustus 2019.

RJI dan Unpam sama-sama berkomitmen untuk memajukan tata kelola jurnal, dan hal tersebut berhasil diwujudkan dalam kegiatan sehari penuh. Kegiatan Workshop DOAJ dan Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik ini diikuti oleh 73 orang peserta dari berbagai institusi di wilayah Jabodetabek. Beberapa peserta kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu peserta dalam mengembangkan jurnal di institusi mereka masing-masing.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Unpam, yaitu Dr. Rasmadi, M.Pd. Kegiatan ini dikemas secara interaktif dan disertai dengan materi praktik dan simulasi oleh 3 orang pemateri. Materi pertama dimulai oleh Tutor RJI Korda DKI Jakarta, yaitu Muh. Yazid dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menjelaskan Implementasi layanan Crossref, khususnya Digital Object Identifier (DOI) bagi Jurnal Ilmiah Elektronik. Materi kedua dilanjutkan oleh Itsar Bolo Rangka dari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta yang menjelaskan hal-hal substansial yang perlu dipersiapkan oleh para pengelola yang ingin mendaftarkan jurnalnya ke Arjuna untuk mengikuti Tahapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik Ristekdikti. Kegiatan ini juga menghadirkan Associate Editor (AE) DOAJ Indonesia, yaitu Pramudya Eko Laksana, untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan pengelolaan Open Access Journals yang sesuai dengan ketentuan DOAJ dan deklarasi Budapest Open Access Initiative (BOAI).

Kepala LPPM Unpam, Dr. Ali Maddinsyah, MM., menyatakan “kita sangat bersuka cita melihat bagaimana para peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Kami berharap para pengelola  jurnal yang ikut kegiatan ini dapat memperoleh banyak manfaat dari kegiatan ini”. Lebih lanjut, dikonfirmasi melalui sambungan pesan singkat, Ketua Korda DKI Jakarta Dwi Fajar Saputra menyatakan kegiatan edukasi terkait tata kelola jurnal seperti Workshop DOAJ dan Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik atau kegiatan lain yang serupa perlu digalakkan bersama. RJI Korda DKI Jakarta juga membuka diri bagi siapa saja untuk bekerjasama memajukan pengelolaan jurnal ilmiah, sambungnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Perdana RJI di wilayah Jabodetabek dalam rangkaian kegiatan Nasional Road Show DOAJ RJI untuk seluruh Wilayah di Indonesia. Kegiatan serupa selanjutnya juga akan dihelat pada Hari Kamis, 19 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang-Banten, dan Hari Sabtu, 28 September 2019, di STES Islamic Village, Tangerang-Banten. (IBR-SP)

Banjir Peserta: Kegiatan Workshop DOAJ dan Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah kerjasama RJI dan Universitas Pamulang Menuai Kesuksesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *