LATAR BELAKANG

Merujuk PERMENPAN RB, Nomor 17 Tahun 2013, dan PERMENDIKBUD Nomor 92 Tahun 2014, kenaikan jenjang jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi di bidangnya. Kebijakan ini memberikan suatu arah agar publikasi ilmiah jabatan fungsional Dosen di Indonesia terus ditingkatkan. Publikasi yang berkualitas dan terindeks mempengaruhi reputasi dan visibilitas perguruan tinggi dimana Dosen tersebut berada.

Saat ini pemerintah telah menerapkan kebijakan mulai April 2016 dan seterusnya akreditasi jurnal dilakukan secara online melalui sistem ARJUNA, sementara itu masih banyak pengelola jurnal yang belum familiar terhadap pengelolaan jurnal elektronik. Padahal kebijakan ini perlu respon dan semangat dari perguruan tinggi dan pengelola jurnal untuk segera bertransformasi pengelolaan jurnalnya dari yang dikelola secara manual/cetak menuju pengelolaan jurnal secara elektronik dan memiliki e-ISSN sehingga memudahkan untuk proses sitasi oleh lembaga-lembaga pengindex sampai pada akreditasi jurnal ilmiah.. Selain itu, perlunya kebijakan yang mendorong agar setiap jurnal ilmiah kemudian bisa memiliki laman web jurnal online berbasis Open Journal System (OJS), sehingga memudahkan untuk pengurusan Digital Object Identifier (DOI).

Walaupun keinginan untuk meng-online-kan jurnal ada pada diri pengelola jurnal-jurnal ilmiah, namun bagaimana merealisasikan langkah tersebut tidak semua pengelola jurnal memahaminya. Lebih khusus lagi, software apa yang harus digunakan, bagaimana menginstall software tersebut, dan bagaimana menjalankan proses editorial setelah proses install berlangsung.

Dalam rangka mencapai tujuan diatas, STP Trisakti bekerjasama dengan RJI Daerah DKI Jakarta akan menyelenggarakan Workshop dengan Tema “Tata Kelola Jurnal  Menuju Terakreditasi Nasional dan Terindeks Internasional

TUJUAN KEGIATAN

Setelah mengikuti Worshop, peserta diharapkan:

  1. Memahami kebijakan dan manajemen pengelolaan jurnal ilmiah;
  2. Mengetahui strategi pengelolaan jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan terindeks internasional;
  3. menjalin hubungan yang erat antar peneliti dan pengelolan jurnal ilmiah di wilayah DKI Jakarta sesuai bidang kajian masing-masing (peer group); dan
  4. mendorong dan meningkatkan naskah jurnal ilmiah yang dihasilkan dosen-dosen di lingkungan perguruan tinggi wilayah DKI Jakarta.

PEMATERI

Pembicara dalam workshop yang sudah mempunyai kompetensi dalam tata kelola jurnal. Mereka adalah

  1. Dr. Lukman, ST., M.HUm.  (PDII LIPI)
  2. Happy Chandraleka, S.T (Administrator OJS Badan Litbang Kementerian Kesehatan RI)

PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan ini merupakan workshop sehari yang bertema “Tata Kelola Jurnal  Menuju Terakreditasi Nasional dan Terindeks Internasional”. Workshop akan diselenggarakan di Jakarta dengan rincian sebagai berikut:

Hari/Tanggal  : Sabtu, 6 Mei 2017

Waktu            : Pukul 08.00 – 16.00 WIB

Tempat          :  Auditorium Lantai 2 STP Trisakti, Jl. IKP Tanah Kusir-Bintaro, Jakarta

KONTRIBUSI KEGIATAN

Kontribusi peserta sebesar Rp 250.000 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dengan fasilitas : konsumsi, sertifikat, dan seminar kit.

PENDAFTARAN DAN INFORMASI

Pendaftaran dilakukan paling lambat tanggal 1 Mei 2017.

Link: s.id/loa

Untuk  informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Indrawati, HP : 085249245395

Nur,          HP : 085718527290

Itsar,         HP: 0877-9267-9654

Email :  rjijakarta@gmail.com

Website : http://jakarta.jurnalindonesia.org/

“Workshop Tata Kelola Jurnal Menuju Terakreditasi Nasional dan Terindeks Internasional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *